Sejarah Universitas Azzahra

Universitas Azzahra berdiri pada tanggal 25 Agustus 1995, atas prakarsa tokoh-tokoh Nasional di antaranya Ir. H. Fadel Muhammad sekarang sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI dan Prof., Dr. Baharudin Lopa (Mantan Jaksa Agung). Dimana Rektor Universitas Azzahra pertama kali Dr (HC)., dr. KH. Tarmizi Taher (Mantan Menteri Agama RI) sedangkan sekarang Rektor Universitas Azzahra dijabat oleh Drs. Syamsu A. Makka, M.Si (Mantan Sekpel. Kopertis Wilayah III). 


Yayasan Universitas Azzahra dipimpin oleh Dr. Syahrial Yusuf, SE., MM., MBA. yang merupakan tokoh Reformasi Pendidikan Nasional dan sekaligus Pengusaha yang memiliki komitmen dalam pengembangan Pendidikan Nasional, juga aktivis di organisasi profesi antara lain Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), KADIN JAYA. Pada saat ini, 

Universitas Azzahra mempunyai 6 (enam) fakultas, yaitu (1) Fakultas Ekonomi, (2) Fakultas Hukum, (3) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, (4) Fakultas Agama Islam dan (6) Fakultas Teknik dengan 13 jurusan. Keenam fakultas ini secara keseluruhan telah terakreditasi sejak tahun 2000 dan menyelenggarakan secara mandiri. 

Berkat perjuangan yang tidak mengenal berhenti ini, maka kini Universitas Azzahra menjadi Universitas pelopor dalam mencetak Enterpenuer Muda sejak masih di bangku kuliah. Hal ini sudah diakui pula olehKementrian Koperasi dan UKM yang disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM dalam orasi ilmiah wisuda sarjana S1 pada tanggal 25 Pebruari 2010, yang mengemuka dari itu semua, Universitas Azzahra merupakan universitas pertama di Indonesia yang memiliki kontribusi dalam mewujudkan kemandirian generasi muda dan mengatasi pengangguran. 

Dengan kondisi yang terus ditingkatkan, kini Universitas Azzahra dengan bangga tetapi rendah hati siap menyongsong masa depan, untuk ikut serta dalam tugas bersama mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun manusia Indonesia seutuhnya" dalam menuju bangsa Indonesia yang bermartabat dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia